Final Piala Presiden 2017: Arema Vs PBFC II, Siapa Yang Lebih Unggul?

Piala Presiden 2017, Video persib, Live Streamng, Video Sepak Bola

Ragamkabar.com, Turnamen Piala Presiden 2017 sekarang sudah memasuki babak akhir. Dimana Pusamania Borneo FC (PBFC) II dipastikan menantang Arema FC di partai final yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 12 Maret 2017 mendatang.

Keduanya pun melaju ke partai final bukannya tanpa perjuangan. Bercokolnya PBFC II di partai puncak merupakan sebuah kejutan tentunya. Dimana tim asuhan Ricky Nelson itu bukanlah tim utama yang akan diturunkan dalam Liga 1 2017.

Sebelum dimulainya turnamen Piala Presiden 2017, manajemen PBFC memang mengambil kebijakan untuk membuat tim kedua guna mengikuti ajang pertama yang digelar PSSI di bawah kepemimpinan Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi itu.

Tim yang terdiri dari kombinasi pemain PBFC U-21 dengan para pemain yang sebelumnya tak disiapkan untuk Liga 1 itu tidak begitu diperhitungkan. Mengingat lawan yang mereka hadapi di grup 4 adalah tuan rumah Bali United, Sriwijaya FC, dan Barito Putera.

Asri Akbar dan kawan-kawan mampu mematahkan semua prediksi tersebut. Lolosnya tim Pesut Etam ke babak perempat-final sedikit diwarnai keberuntungan.

Bagaimana tidak, mereka bisa lolos sebagai juara grup dengan dua kali imbang dan satu kali menang. Bahkan, mereka hanya mencatatkan satu gol dan tanpa kebobolan untuk lolos.

Keberuntungan pun berlanjut di babak perempat-final. Saat menghadapi Madura United, pasukan PBFC II yang ditopang beberapa pemain dari tim utama seperti Asri Akbar, Abdul Aziz, Terens Owang Puhiri, Patrich Wanggai, serta tiga pemain asing tak gentar sedikit pun.

Bermain imbang tanpa gol, PBFC II akhirnya menang lewat babak adu penalti dengan skor 5-4. Kiper senior Wawan Hendrawan tampil sebagai bintang pada pertandingan tersebut. Dimana ia yang mampu memblok tendangan eksekutor kelima Madura United, Fachruddin Wahyudi Aryanto.

Kejutan pun kembali berlanjut di babak empat besar. Menghadapi Persib Bandung, PBFC II kembali tak diunggulkan. Pada leg pertama, Persib dibuat bertekuk lutut PBFC II di Stadion Segiri Samarinda, dengan skor tipis 2-1. Ini melanjutkan tren negatif  video Persib yang belum pernah menang di Segiri sejak era Indonesia Super League digulirkan.

Pada leg kedua, mendapatkan tekanan dari puluhan ribu Bobotoh, pasukan pelapis PBFC kembali menunjukkan mental baja mereka. Pertandingan ini dimenangkan Persib dengan skor 2-1. Sehingga penentuan pemenang dilakukan lewat adu penalti. Di tahap ini, lagi-lagi PBFC II mampu memenangkannya yang membuat mereka mencatat sejarah lolos ke final Piala Presiden 2017.

Bertindak sebagai tuan rumah grup 2, sebenarnya tim Singo Edan mendapatkan lawan yang tak mudah. Mengingat, mereka harus menghadapi Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS TNI. Mereka pun lolos ke babak perempat-final sebagai juara grup dengan meraih dua kemenangan dan satu kali imbang.

Lawan tangguh kembali dihadapi skuat asuhan Aji Santoso di babak perempat final. Sebagai finalis Piala Presiden 2015, Sriwijaya FC, yang harus dihadapi Arema di Stadion Manahan, Solo. Arema akhirnya berhasil menang tipis 1-0, lewat gol tunggal Adam Alis Setyano.

Arema harus takluk lebih dulu dari Semen Padang dengan skor tipis 1-0, pada leg pertama di Padang. Bahkan, ketika leg kedua di Malang, Arema sempat tertinggal dua gol lebih dulu dari Semen Padang, hingga akhirnya Cristian Gonzales dengan heroik mencetak lima gol untuk membalikkan kedudukan menjadi 5-2. Arema pun lolos ke final dengan agregat skor 5-3.

Pertemuan Arema vs PBFC II di final bisa dibilang menjadi ajang pembuktian antara Tim Pelapis dengan Raja Turnamen. Ya, PBFC II yang dihuni para pemain lapis kedua PBFC, akan menghadapi Arema yang sudah merajai berbagai turnamen dalam tiga tahun terakhir.

Sepanjang 2015-2017 Arema mampu meraih delapan gelar juara turnamen pramusim. Gelar yang lepas dari genggaman mereka hanya Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman 2016, Piala Gubernur Kalimantan Timur 2016, serta Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Faktor mental pemain dan racikan kedua pelatih masing-masing tim bakal menentukan di laga final nanti. Nelson yang dikenal lihai dalam memaksimalkan potensi kombinasi pemain muda dan senior, bakal menantang Aji yang sudah berpengalaman melatih timnas Indonesia dan banyak klub besar Indonesia.

Tentunya, laga ini akan menarik untuk disaksikan baik melalui Tv maupun live streaming. Siapa yang akan lebih unggul? Jangan lupa saksikan pula cuplikan video sepak bola lainnya.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply