Bagaimana Pengobatan Penyakit Asma?

Penyakit Asma

Ragamkabar.com – Asma merupakan penyakit peradangan kronik pada saluran pernapasan paru. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah dengan menghindari pemicunya.

Saluran pernapasan penderita asma cenderung lebih sensitif ketimbang yang tidak mengidapnya. Itulah sebabnya saat paru-paru penderita asma teriritasi salah satu pemicu, otot pernapasan akan menjadi kaku dan saluran napas pun menyempit. Beberapa pemicunya antara lain asap rokok, terpapar zat kimia, bulu binatang, atau bahkan udara dingin.

Saat serangan terjadi, penderita asma biasanya akan mengeluh sesak, batuk, mengi, atau nyeri dada. Apabila asma berat tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan kematian.

Pengobatan asma Secara Alami

Ada dua tujuan dalam pengobatan penyakit asma, yaitu meredakan gejala dan mencegah gejala kambuh. Untuk mendukung tujuan tersebut, diperlukan rencana pengobatan dari dokter yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Rencana pengobatan meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat-obatan apa yang harus digunakan.

Penting bagi pasien untuk mengenali hal-hal yang dapat memicu asma mereka agar dapat menghindarinya. Jika gejala asma muncul, obat yang umum direkomendasikan adalah inhaler pereda.

Di bawah ini, terdapat berbagai cara mengobati asma dengan jenis obat alami yang efektif untuk menyembuhkan amsa, mengurangi gejala asma dan menjadi terapi untuk mengatasi gangguan asma.

1. Ramuan Bawang Putih

Untuk membantu meredakan asma anda, ambillah 10 hingga 15 siung bawang putih dan rebuslah bersama dengan setengah gelas susu. Cairan ini dianjurkan untuk diminum sehari sekali untuk dapat meredakan gejala-gejala asma.

Di samping itu, anda bisa juga membuat teh bawang putih. Untuk membuat minuman tersebut, tambahkan 3 hingga 4 siung bawang putih dalam satu cerek air panas dan rendamlah bawang putih anda tadi di sana selama 5 menit.

2. Jahe

Jahe adalah sejenis tanaman rimpang dengan aroma khusus. Jahe telah terbukti bisa meringankan gejala sesak nafas dan mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Jahe bisa menjadi obat alami untuk semua jenis asma dengan berbagai jenis penyebab. Cara penggunaanya adalah :

  • Cuci sepotong jahe dan potong kecil-kecil, lalu hancurkan menggunakan blender.
  • Campurkan dengan garam dan konsumsi secara teratur untuk hasil terbaik.
  • Atau taburkan potongan jahe dalam sup, salad, gravies, roti, dll
  • Atau dengan memakan permen jahe.

3. Kopi

kopi telah ditemukan cukup efektif memberikan pasien asma sebagai pertolongan pertama hingga pasien mendapatkan pertolongan medis. Ini terjadi karena setiap sel dalam tubuh memiliki reseptor rasa. Karena rasa pahit memiliki tindakan farmakodinamik pada jaringan yang berbeda dalam tubuh. Oleh karena itu, kopi hitam pahit dapat melebarkan otot bronkus selama serangan asma.

4. Ramuan Bawang Bombay

Bawang bombay adalah bumbu yang sangat ampuh untuk mengatasi serangan asma. Bawang bombay mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Bawang bombay juga dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada paru-paru. Anda dapat mengkonsumsi bawang bombay mentah untuk mengobati asma.

5. Madu

Anda dapat mengonsumsi madu dengan air putih hangat. Jangan mengonsumsi madu dengan air dingin karena akan memperburuk kondisi pernafasan, dan jangan juga dengan air panas, karena akan merusak nutrisi yang dikandung dalam madu. Campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat kemudian dapat diminum.

6. Senam Pernafasan

Salah satu metode lain yang dikenal untuk mengurangi gejala dan serangan asma adalah senam pernafasan. Senam ini dilakukan untuk melatih organ paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal. Berbagai gerakan senam bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, membuat pikiran menjadi santai dan menghindari penderita dari stres.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply