Berita Kesehatan: Memahami Gangguan Bipolar

Berita Kesehatan Memahami Gangguan Bipolar

Berita Kesehatan: Gangguan bipolar adalah kondisi seseorang yang dapat mengalami perubahan suasana hati secara sangat drastis, misalnya tiba-tiba menjadi sangat riang dari yang sebelumnya tidak. Nama lain dari gangguan bipolar adalah manik depresif.

Gangguan bipolar sering dikaitkan dengan perubahan mood. Pada penderita gangguan bipolar, mereka akan mengalami suasana yang sangat ekstrem berupa episode mania (peningkatan mood dan energi, gembira berlebihan, mudah marah, banyak bicara, ide kebesaran) dan episode depresi (penurunan mood, murung, sedih, menarik diri, tidak semangat). Masing-masing terjadi selama periode waktu tertentu. Gangguan bipolar ini sangat serius dan bahkan dapat berisiko menyebabkan penderita cenderung untuk bunuh diri atau menyakiti dirinya sendiri.

Apa penyebab gangguan bipolar?

Masih belum teridentifikasi secara jelas apa penyebab spesifik dari kondisi jiwa bipolar disorder, namun ada beberapa faktor yang telah diketahui dapat menimbulkan gejala bipolar disorder. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Turunan genetis: orangtua Anda atau angota keluarga lain dapat memiliki kemungkinan memiliki bibit bipolar disorder yang diwariskan kepada anda.
  2. Kondisi otak: otak dapat melewati berbagai perubahan fisik yang memengaruhi tingkat bahan kimia otak (neurotransmitter) yang ada di dalamnya. Transmiter tersebut merupakan zat-zat yang memengaruhi mood
  3. Pengaruh lingkungan sosial: para peneliti telah menemukan bahwa mungkin terdapat beberapa faktor sosial yang dapat menyebabkan timbulnya bipolar disorder. Faktor-faktor tersebut dapat berupa perasaan stres akan rendahnya kepercayaan diri, suatu kejadian trauma di masa kecil, atau mengalami suatu kehilangan yang tragis

Pengobatan Gangguan Bipolar.

Gangguan Bipolar membutuhkan pengobatan seumur hidup. Biasanya pengobatan meliputi pengobatan, sesi terapi dan terapi individu dan kelompok. Seringkali orang dengan Gangguan Bipolar berhenti minum obat mereka saat mereka merasa lebih baik, tapi ini sering menyebabkan lebih banyak masalah.

Jika informasi ini tidak dapat membantu anda memahami gangguan bipolar, anda dapat menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.com, para dokter spesialis akan menjawab pertanyaan anda dengan cepat dan tepat.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply