Penyebab Cacar Air yang Harus Kamu Ketahui

Cacar Air

Ragamkabar.comCacar air adalah penyakit yang biasa didapat pada anak – anak saat mereka kecil dan disebabkan oleh varicella zoster virus (VZV). Gejala – gejala yang timbul biasanya disertai dengan gelembung – gelembung kecil berisi cairan.

Apa penyebab cacar air?

Penyebab cacar air adalah virus herpes varicella-zoster. Orang dapat terkena cacar air jika ada orang di sekitarnya yang menderita cacar air dan menghirup droplet (partikel air kecil seperti hujan rintik-rintik yang mungkin dihasilkan ketika seseorang batuk atau bersin) yang terkontaminasi oleh virus tersebut. Infeksi cacar air juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan lesi kulit penderita.

Terdapat beberapa faktor yang mungkin meningkatkan risiko Anda untuk tertular penyakit ini. Faktor-faktor risiko tersebut meliputi:

  • Belum pernah terkena cacar air.
  • Belum menerima vaksin cacar air, terutama ibu dalam masa kehamilan.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya karena mengidap HIV, mengunakan obat-obatan steroid, atau menjalani kemoterapi.
  • Bekerja di tempat umum seperti di sekolah atau rumah sakit.
  • Serumah dengan anak-anak.
  • Bayi, terutama yang  baru lahir, yang memiliki ibu yang belum menerima vaksin cacar air.

Banyak mitos yang mengatakan bahwa sekali terkena cacar air maka tidak bisa terkena cacar air untuk kedua kalinya, apakah benar?

Jika Anda sudah pernah terkena cacar air sebelumnya, memang jarang sekali timbul untuk kedua kalinya, akan tetapi hal ini bisa terjadi jika daya tahan tubuh Anda rendah ataupun terjadi infeksi pertama kalinya yang sangat ringan sehingga Cacar dapat timbul untuk kedua kalinya.

Mengapa bisa timbul untuk kedua kalinya? Hal ini berkaitan dengan adanya virus varicella yang sebenarnya tidaklah hilang dari tubuh melainkan tertidur di dalam serabut saraf – saraf sehingga masih bisa timbul kembali meskipun jarang berbentuk cacar air kembali.

Biasanya infeksi yang sering terjadi untuk kedua kalinya pada individu yang pernah terkena cacar air adalah terkena Herpes zoster atau yang kita sebut cacar ular, hal ini bisa terjadi karena virus yang sama yaitu varicella zoster virus yang menyebabkan cacar air juga menyebabkan timbulnya herpes zoster. Untuk menghindari timbulnya virus tersebut, Segera periksakan anak anda ke Dokter.

 

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply