PT KAI Siapkan Tiket Kereta Api Tambahan Arus Mudik

tiket kereta api

RagamKabar.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap menjual tiket kereta api tambahan saat arus mudik Lebaran tahun ini. Rencananya PT. KAI akan menjual 3.500 tiket kereta api tambahan.

Mengenai realisasi penjualan 3.500 tiket kereta api tambahan tersebut tenyata masih harus menunggu rampungnya pengerjaan 6 rangkaian atau 66 gerbong kereta baru yang sedang dikerjakan PT Industri Kereta Api (Persero). Jika pengerjaannya selesai dan serah terima dilakukan pada pertengahan Juni, maka KAI siap menjual ke-3.500 tiket tersebut.

“Kalau 6 train set ini selesai kemungkinan ada penambahan 3.500 tiket. Kalau ini berhasil dioperasikan, kita akan gunakan untuk relasi Pasar Senen-Semarang, Pasar Senen-Surabaya, Pasar Senen-Solo, dan Pasar Senen-Madiun,” papar Senior Manajer Humas PT KAI Daop I KAI Soeprapto saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/6) seperti dilansir kumparan.

Masih menurut Soeprapto pengerjaan pesanan ke 66 gerbong kereta baru tersebut hampir rampung 100 persen. Soeprapto memaparkan bahwa gerbong kereta yang baru tersebut merupakan kelas ekonomi, meski demikian gerbong kereta tersebut memiliki fasilitas sekelas kereta eksekutif.

“Rencana kereta tambahan gelombang dua akan ada. Kita masih menunggu penyelesaian INKA dan direncanakan 6 train set ekonomi baru premium, jenisnya ekonomi tapi fasilitasnya hampir mirip dengan eksekutif, mudah- mudahan INKA bisa sesuai target penyelesaiannya,” lanjut Soeprapto.

Mengenai target serah terima ke 66 gerbong kereta baru rencananya akan dilakukan pada pertengahan Juni 2017 mendatang. Saat ini, beberapa rangkaian sedang dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kelaikan keamanan gerbong kereta saat dioperasikan.

“INKA saya dapat kabar sudah selesai, lagi dalam tahap uji coba kelayakan. Mudah-mudahan pertengahan Juni bisa diserah terimakan ke KAI. kita akan running untuk kereta api tambahan,” paparnya.

Selain hal tersebut, Soeprapto juga menjelaskan bahwa PT KAI sudah melepas 50.500 tiket kereta pada H-10 sampai H+10 Lebaran yang dibagi atas 52 perjalanan kereta api reguler dan 15 perjalanan kereta api tambahan. Dengan total 67 perjalanan kereta api.

Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen akan menjadi pusat keberangkatan ke 67 perjalanan tersebut dengan rincian Stasiun Gambir total memberangkatkan 28 perjalanan kereta api reguler dan 9 kereta api tambahan. Sedangkan Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 24 kereta api reguler dan 6 kereta api tambahan.

Saat ini tiket tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur masih menjadi yang paling dicari untuk arus mudik. Hal ini terlihat dari tiket yang sudah ludes terjual bahkan hingga H-9 sebelum Lebaran.

“Ketersediaan tiket tanggal 1 Juni jam 06.00 WIB untuk tiket Jakarta pemberangkatan Gambir tujuan ke Jawa tengah dan Jawa Timur untuk H-9 dan H Lebaran pertama itu sudah habis. Sedangkan wilayah dari Jakarta tujuan Bandung dan Cirebon itu baru H-3 dan H-2 yang habis,” tutup Soeprapto. Lantas bagaimana dengan tiket arus balik? Tunggu beritanya hanya di RagamKabar.com

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply