May 19, 2019
  • 8:07 am Inilah Sejarah Pemilu Indonesia dari Masa ke Masa
  • 7:25 am Sistem Pemilu dalam Setting Demokrasi di Indonesia
  • 9:43 am Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 Streaming RCTI di Vidio.com
  • 8:47 am Mohamed Salah Pesepak Bola Favorit di Liga Champions
  • 8:30 am 3 Klub Bola ini Langganan Masuk Final Liga Champions
Pemilu 2019

Di tahun 2019 ini akan diselenggarakan pemilihan umum (Pemilu) Presiden, Wakil Presiden, Legislatif yang di selenggrakan pada tanggal 17 April 2019.

Golput memang selalu hadir dalam perpolitikan di Indonesia. Banyak dari masyarakat yang masih menyepelekan bahkan tidak peduli dengan adanya pemilu. Mereka sudah bosan bahkan tutup telinga mendengar janji-janji yang sudah diutarakan dari masing-masing kandidat pemilu. Seperti yang kita tahu, di tahun 2019 ini akan diselenggarakan pemilihan umum Presiden, Wakil Presiden, Legislatif yang di selenggrakan pada tanggal 17 April 2019.

Nah jika masyarakat ada yang golput, maka akan berpotensi manipulasi suara. Saat seorang pemilih tidak menggunakan hak pilih, maka tersisa satu surat suara yang tidak terpakai. Bisa jadi suara yang tidak digunakan tersebut membuka potensi manipulasi suara oleh oknum yang ingin melakukan kecurangan.

Maksud dari pemilu adalah agar wakil-wakil rakyat benar-benar dipilih oleh rakyat, berasal dari rakyat dan akan bekerja untuk kepentingan rakyat. Demikian juga presiden dan wakil presiden. Sedangkan tujuan pemilu adalah membentuk pemerintahan baru dan perwakilan rakyat yang benar benar bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Tujuan pemilu yang harus dicapai diantaranya adalah

  • Pemilu untuk melaksanakan kedaulatan rakyat
  • Tujuan pemilu sebagai perwujudan hak asasi politik rakyat
  • Tujuan pemilu untuk menjamin kesinambungan pembangunan nasional
  • Untuk melaksanakan pergantian personal pemerintahan secara damai, aman, dan tertib (secara konstitusional)
  • Tujuan Pemilu untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di DPR, DPD dan DPRD, serta memilih Presiden dan Wakil Presiden

Menyumbang suara di Pemilu 2019

Pesta rakyat makin dekat, dinamika politik pun semakin menegangkan. Hak suara berada di tangan rakyat termasuk pemuda pemudi Indonesia. Dikarenakan sekitar 20-30 persen suara terdapat pada anak milenial dan kerap kali dijumpai anak muda yang apatis pada politik negeri ini dikarenakan faktor ketidakpercayaan kepada para elite yang telah melukai demokrasi.

Perlu diketahui partisipasi milenial di Indonesia menentukan arah bangsa dan juga menentukan peneguhan jati diri sebagai negara yang berdasarkan pada asas “dari rakyat, oleh, dan untuk rakyat.” Menyumbang suara kita pada Pemilihan Umum 2019 berarti kita ikut menyembuhkan luka pada demokrasi. Selain itu banyak manfaat yang dapat diambil dari pemilihan umum.

Pertama, pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam politik. Jadi dapat dipastikan, partisipasi milenial dalam pemilihan umum ikut menentukan berbagai kebijakan diwaktu mendatang. Kedua, pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat, dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan rakyat pulalah menjadi unsur utama dalam membentuk sebuah negara. Pemilu menjadi salah satu dari berbagai sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat

Ketiga, pemilu merupakan sarana untuk melakukan pergantian pemimpin secara konstitusional. Kredibilitas kepemimpinan sangat diperlukan, untuk menumbuhkan berbagai gagasan baru yang lebih baik, bahkan melalui pemilu kita dapat memfilter para pemimpin yang misalnya nih tidak dapat mengerjakan tugas yang telah diamanatkan kepadanya dengan cukup baik.

Terakhir, pemilu merupakan sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi. Dikatakan oleh David Easton bahwa keabsahan adalah: “Keyakinan dari pihak anggota (masyarakat) bahwa sudah wajar baginya untuk menerima baik dan menaati penguasa dan memenuhi tuntutan-tuntutan dari rezim itu. Dengan melalui proses pemilihan umum tentunya para pemimpin yang terpilih mendapat pembenaran dari rakyat untuk menjalankan serta menyuarakan apa yang menjadi aspirasi masyarakat.”

Di Pemilu 2019, masing-masing kandidat baik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi sudah melakukan kampanye dan sosialisasi ke daerah-daerah. Terlebih lagi, mengedukasi ke masyarakat tentang tata cara pencoblosan yang benar dengan harapan bisa meminimalisisr golput.

Untuk lebih yakin dengan pilihanmu, saksikan streaming debat capres kelima di Vidio.com yuk! kamu juga dapat mendownload aplikasi Vidio di sini

Maulida Fanny

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT