July 21, 2019
  • 8:07 am Inilah Sejarah Pemilu Indonesia dari Masa ke Masa
  • 7:25 am Sistem Pemilu dalam Setting Demokrasi di Indonesia
  • 9:43 am Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 Streaming RCTI di Vidio.com
  • 8:47 am Mohamed Salah Pesepak Bola Favorit di Liga Champions
  • 8:30 am 3 Klub Bola ini Langganan Masuk Final Liga Champions
Mohamed Salah

Mohamed Salah adalah salah satu bintang Liverpool yang berhasil menyita perhatian masyarakat, karena telah membawa Liverpool ke final Liga Champions

Yuk mengenal lebih dekat dengan sosok Moh Salah

Biografi Moh Salah

Sudahkah kalian mengenal sosok Moh Salah? Mohamed Salah atau Moh Salah adalah salah satu bintang pesepak bola Liverpool yang berhasil menyita perhatian masyarakat. Pesepak bola yang disapa akrab  Salah ini, telah membawa Liverpool ke final Liga Champions, di mana mereka menghadapi Real Madrid untuk meraih piala Eropa keenam. Mohamed Salah lahir pada 15 Juni tahun 1992 di Basyoun, sebuah kota di utara Kairo, Mesir. Salah memulai kariernya di klub bernama El Mokawloon. Ternyata, Salah pernah diposisikan sebagai bek loh, sampai akhirnya ia dipercaya menjadi pemain menyerang. Sejak saat itu karirnya menjadi naik daun dan menyita penikmat pesepak bola.

Karir yang gemilang

 

Pada Maret 2010, karir Mohamed Salah naik ketika ia di promosi ke tim utama El Mokawloon. Selama tahun 2011-2012, di kubu klub nya Salah selalu menjadi starter. Pada tahun 2012, karirnya di Eropa mulai terbuka ketika Mesir bergabung dengan tim asal Swis, Basel FC. Kala itu, Mohamed Salah berhasil mencetak 2 gol. Melihat kegigihannya, sebulan kemudian Basel mengontraknya selama 4 tahun.

Moh Salah menjadi starter yang penting di kubu Basel, saat musim 2012-2013 ia menjuarai liga domestik. Lebih memakjubkan lagi adalah Salah dianggap sebagai pemain paling berharga di Swiss Super League karena ia juga memenangkan penghargaan Swis Golden Player. Eits kalian tahu gak kalau  Mohamed Salah ternyata  juga pernah berada di kubu Chelsea. Sayangnya, karier bersama The Blues kurang cemerlang nih, soalnya ia lebih sering duduk di kursi cadangan.

Dan pada tahun 2015, Salah pindah ke Fiorentina dengan status pemain pinjaman. Di klub Fiorentina, Mohamed Salah mampu mencetak 9 gol dan mencatatkan 4 asist dalam 26 pertandingan. Penampilan gesit Salah telah menyihir Fiorentina, yang sebelumnya hanya meminjam dari Chelsea, akhirnya memutuskan untuk mempermanenkannya. Namun, Salah menolak dan dia pun hanya bertahan semusim di sana. Masih terus berlanjut, kali ini klub selanjutnya adalah AS Roma. Mohamed Salah tampil lebih bagus bersama tim tersebut. Dalam 83 penampilannya bersama Roma, Salah mampu mencetak 34 gol dan memberikan 24 asis kepada rekan-rekannya.

Menjadi pemain terbaik

Memang sudah tidak diragukan lagi dalam permainannya, pada tahun 2017 Mohamed Salah kembali ke Premier League untuk bergabung dengan Liverpool. Moh Salah memang menjadi bintang Liverpool yang menyita perhatian masyarakat lainnya. Ia dinobatkan menjadi pemain terbaik 2018 dalam polling yang digelar federasi suporter sepak bola Inggris dan Wales FSF. Dalam polling yang diikuti lebih dari 366 ribu suporter ini, Salah mengalahkan beberapa kandidat lain seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, Eden Hazard, Harry Maguire hingga Virgil van Dijk.

Mohamed Salah menjadi pemain Liverpool ketiga yang memenanginya setelah Luis Suarez pada edisi pertama dan Philippe Coutinho pada 2016 lalu.  Sejak berduet dari AS Roma pada musim panas tahun lalu, Mohamed Salah langsung meroket menjadi pencetak gol papan atas dunia. Pada musim lalu Salah tampil viral dengan mencetak 44 gol dan mengantar The Reds maju hingga partai final Liga Champions. Momen menakjubkan lainnya, hingga kini Mohamed Salah sudah mencetak total 53 gol dalam 72 kali penampilan bersama Liverpool di semua ajang. Penampilan gesit Mohamed Salah telah membuatnya meraih banyak penghargaan bergengsi, mulai dari PFA Player of the Year, Football Writers’ Footballer of the Year hingga pemain terbaik Afrika. It’s cool man!

baca juga : 3 Klub Bola Ini Langganan Masuk Final Liga Champions

Mengenal keluarga kecil Moh Salah

Kalau tadi kita sudah membahas tentang karir yang gemilang dari Moh Salah, sekarang waktunya kita bahas tentang keluarga kecilnya. Pasti pada penasaran dong siapa sih yang sudah memikat hati pesepak bola favorit ini?

Pemain sepakbola beragama islam ini adalah sosok yang sangat menyayangi keluarganya. Jadi pada 2013 lalu, Salah menikah dengan Magi Salah di Ngrid, Mesir. Sebelumnya mereka berdua bersekolah di desa Basion di Gharbia. Salah dan Magi berkenalan saat sama-sama duduk di bangku sekolah di desa mereka di Basion Gharbia, Mesir. Magi merupakan praktisi bioteknologi. Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, pada tahun 2014 pasangan Moh Salah dan Magi salah memiliki seorang anak yang diberi nama Maka. Maka lahir di Westminster Hospital, London saat Salah bermain untuk Chelsea.

Kembali lagi, Mohamed Salah juga menjadi pemain Liga Primer pertama yang memenangi penghargaan Pemain Terbaik Bulanan tiga kali dalam satu musim. Salah meraih penghargaan Player of the Month itu pada November 2017 serta  Februari dan Maret 2018. Mohamed Salah pun menjadi pemain Liga Primer pertama sejak Ronaldo yang mencetak 40 gol lebih dalam semusim. Cristiano Ronaldo pada 2007-2008 mencetak 42 gol. Hanya beda tipis, Mohamed Salah telah mengalahkan Ronaldo dengan mencetak 43 gol. Dengan prestasi pencetak gol banyak, maka dia di nobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2017-2018 versi PFA. Eits, tidak hanya dipuja fans Liverpool, nama Mohamed Salah juga makin dikenal di seluruh dunia loh, bahkan di Indonesia.

Yuk dukung para pemain sepak bola yang sedang berlangsung dalam pertandingan Liga Champions 2019 dengan nonton streamingnya di Vidio.com  dan download aplikasinya disini, jangan sampai ketinggalan berita terupdate nya ya!

nindya anastasia

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT